Langsung ke konten utama

Nilai-nilai dalam Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa

Nilai-nilai yang dikembangkan dalam pendidikan budaya dan karakter bangsa diidentifikasi dari sumber-sumber berikut ini.

1. Agama: masyarakat Indonesia adalah masyarakat beragama. Oleh karena itu, kehidupan individu, masyarakat, dan bangsa selalu didasari pada ajaran agama dan kepercayaannya. Secara politis, kehidupan kenegaraan pun didasari pada nilai-nilai yang berasal dari agama. Atas dasar pertimbangan itu, maka nilai-nilai pendidikan budaya dan karakter bangsa harus didasarkan pada nilai-nilai dan kaidah yang berasal dari agama.

2. Pancasila: negara kesatuan Republik Indonesia ditegakkan atas prinsip-prinsip kehidupan kebangsaan dan kenegaraan yang disebut Pancasila. Pancasila terdapat pada Pembukaan UUD 1945 dan dijabarkan lebih lanjut dalam pasal-pasal yang terdapat dalam UUD 1945. Artinya, nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila menjadi nilai-nilai yang mengatur kehidupan politik, hukum, ekonomi, kemasyarakatan, budaya, dan senini. Pendidikan budaya dan karakter bangsa bertujuan mempersiapkan peserta didik menjadi warga negara yang lebih baik, yaitu warga negara yang memiliki kemampuan, kemauan, dan menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupannya sebagai warga negara.

3. Budaya: sebagai suatu kebenaran bahwa tidak ada manusia yang hidup bermasyarakat yang tidak didasari oleh nilai-nilai budaya yang diakui masyarakat ini. Nilai-nilai budaya itu dijadikan dasar dalam pemberian makna terhadap suatu konsep dan arti dalam komunikasi antar anggota masyarakat itu. Posisi budaya yang demikian penting dalam kehidupan masyarakat mengharuskan budaya menjadi sumber nilai dalam pendidikan budaya dan karakter bangsa.

4. Tujuan Pendidikan Nasional: sebagai rumusan kualitas yang harus dimiliki setiap warga negara Indonesia, dikembangkan oleh berbagai satuan Pendidikan di berbagai jenjang dan jalur. Tujuan pendidikan nasional memuat berbagai nilai kemanusiaan yang harus dimiliki warga negara Indonesia. Oleh karena itu, tujuan pendidikan nasional adalah sumber yang paling operasional dalam pengembangan pendidikan budaya dan karakter bangsa.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KALENDER PENDIDIKAN SMA, SMALB DAN SMK TAHUN PELAJARAN 2012/2013

KALENDER PENDIDIKAN SMA, SMALB DAN SMK TAHUN PELAJARAN 2012/2013

PROGRAM PR IPM SMA MUHAMMADIYAH 12 TAHUN 2010

PROGRAM PR IPM SMA Muhammadiyah 12 RANCANGAN PROGRAM KERJA PR IPM SMA MUHAMMADIYAH 12 PERIODE 2009/ 2010 1. Progam Kerja Ketua a. Mengadakan Rapat Rutin di hari sekolah1 kali dalam 1 minggu b. Mengadakan Musyawarah Anggota c. Mengadakan Kunsirah (kunjungan Silaturahmi) d. Meningkatkan kualitas anggota 2. Program Kerja Sekretaris a. Menertibkan Administrasi b. Bertanggung jawab atas notulensi rapat c. Bertanggung jawab atas pembuatan proposal d. Mengarsip dokumen IPM e. Menjadi jalan utama surat masuk dan surat keluar f. Membuat database IPM g. Menyediakan daftar hadir h. Membuat Buku panduan 3. Program Kerja Bendahara a. Mengusahakan pemasukan dana untuk IPM dengan cara berwirausaha b. Menyusun rancangan anggaran pengeluaran IPM c. Menyimpan dan mengatur masuk keluarnya dana IPM d. Bertanggung jawab atas infaq rutin setiap kali rapat dan kegiatan e. Bertanggung jawab atas tabungan anggota IPM 4. Program Kerja Bidang Dakwah a. Menjadwal kultum pengurus setia